OPINI
PUBLIK MENURUT BEBERAPA PARA AHLI :
1.
Cutlip
dan Center (Sastropoetro, 1990:70) menyatakan
bahwa opini publik adalah sejumlah akumulasi
pendapat individual tentang suatu isu dalam pembicaraan secara terbuka dan
berpengaruh terhadap sekelompok orang.
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2186729-pengertian-opini-publik-menurut-para/#ixzz2OME6nytE
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2186729-pengertian-opini-publik-menurut-para/#ixzz2OME6nytE
2.
Clyde , opini publik
adalah penilaian sosial mengenai suatu masalah yang penting dan berarti,
berdasarkan proses pertukaran-pertukaran yang sadar dan rasional oleh
khalayaknya (Sumarno,
1990:19).
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2186729-pengertian-opini-publik-menurut-para/#ixzz2OMECyo6P
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2186729-pengertian-opini-publik-menurut-para/#ixzz2OMECyo6P
3.
(Sunarjo, 1984:32): (1) Opini publik
merupakan persatuan pendapat (sintesa dari pendapat-pendapat orang banyak); (2) Sedikit
banyaknya mendapat dukungan dari sejumlah orang; (3) Dalam opini
publik orang menyatakan persetujuan atau tidak setuju terhadap gagasan atau
terhadap suatu situasi, kejadian, atau peristiwa; (4). Opini publik
merupakan kesatuan perasaan (emosi) dan akal, karenanya opini mudah berubah
misalnya dari setuju menjadi tidak setuju; (5) Opini publik
dapat dibentuk dan karena opini itu bukan suatu fakta maka belum tentu benar; (6) Opini publik
mungkin sekali dilakukan dengan timbulnya suatu aksi, misalnya demonstrasi atau
unjuk pendapat; (7) Tidak boleh
dilupakan bahwa terbentuknya opini publik selalu memulai diskusi sosial.
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2186729-pengertian-opini-publik-menurut-para/#ixzz2OMEO1dpS
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2186729-pengertian-opini-publik-menurut-para/#ixzz2OMEO1dpS
4.
Cultip dan
Center dalam sastropoetro (1987), opini adalah suatu
ekspresi tentang sikap mengenai suatu masalah yang bersifat
kontroversial
5.
Leonard W. Doob yang sering
dikutip oleh para ahli, mengemukakan : “Publik opinion refrs to people’s
attitudes on an issue when they are members of the same sosial group”. Doob
disini memberi tekanan kepada sikap (“attitude”) sebagai sesuatu yang bernilai
psikologis terhadap sesuatu isyu, manakala mereka (dalam arti “people”) menjadi
anggota dari kelompok sosial yang sama. Lalu Doob mempertanyakan, kelompok mana yang
terlibat, isyu yang mana yang terlibat dan mengapa masyarakat memberi respon
terhadap isu tersebut. http://fikom-jurnalistik.blogspot.com/2011/03/opini-publik.html
6.
Noelle Neumann ( 1984 ) mendifinisikan opini public sebagai
berikut, opini public adalah sikap atau tingkah laku yang ditunjukkan seseorang
kepada khalayak jika ia tidak ingin dirinya terisolasi, dalam hal issue kontroversial
, opini public adalah sikap yang ditunjukkan seseorang kepada khalayak tanpa
harus membahayakan dirinya sendiri yaitu beruoa pengucilan.
Sumber : Morisan. MA . Manajemen Public Relations.
2008.Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar